Khasiat Tanaman Kembang Coklat

Kembang Coklat
Kembang coklat / Zephyranthes candida Herb.
Familia
Amaryllidaceae.  
Nama Daerah
Kembang coklat
Nama Asing
Zhong lan (T)


Terna kecil berumbi, warga suku bakung-bakungan, tinggi 15-30 cm. Daunnya panjang dan pipih berbentuk lanset, keluar dari bonggol umbi yang terletak di dalam tanah, daun agak melengkung dan licin. Bunganya tunggal, mempunyai tangkai, berwarna putih, dadu, bentuk seperti corong yang menghadap ke atas, biji berwarna hitam dan pipih. Umbi berwarna putih dan berlendir. 

Kandungan kimia, lycorine, tazettin, haemanthidine, nerinine. Sifat kimiawi dan efek farmakologis, rasa agak manis, berkhasiat sebagai penurun panas (antipiretik). Dan bagian yang dipakai adalah seluruh tumbuhan.

Kegunaan dan Resep Pemakaian Luar
  • Kejang pada anak : 10-15 gram tumbuhan kembang coklat segar secukupnya, garam secukupnya, dihaluskan lalu ditempelkan pada pelipis.

Kegunaan dan Resep Pemakaian Dalam
  • Ayan : 10 gram tumbuhan kembang coklat, 30 gram sulur ketimun (Cucumis sativus L.), gula batu secukupnya, direbus dengan air secukupnya, lalu diminum airnya setelah disaring.
  • Kejang pada anak-anak : 10-15 gram daun kembang coklat segar, gula batu secukupnya, direbus lalu airnya diminum setelah disaring.

Keterangan
  • Setiap pengobatan dilakukan secara teratur. Untuk penyakit yang serius tetap ahrus konsultasikan ke dokter.